Sabtu, 18 Mei 2019

Karya 1 : Ilmu Baru Di Bulan Ramadhan

                                                 ILMU BARU DI BULAN RAMADHAN



          Sabtu, 18 Mei 2019 adalah hari pertama kami mengikuti kegiatan PIT 6 ( Pelatihan IT gelombang ke 6) dalam rangka meningkatkan profesionalisme sebagai guru yang diselenggarakan oleh TP2G PGRI Kabupaten Lumajang. Acara diawali dengan pembukaan oleh Bapak H. Winadi, M.Pd selaku Ketua PGRI Kabupaten Lumajang. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan profesi guru untuk lebih inovatif dalam mengajar sehingga peserta didik lebih antusias dalam mengikuti pelajaran.
          Dilanjutkan oleh Ibu Mamik Setiawati sebagai Ketua TP2G yang menyampaikan bahwa pelatihan IT ini sudah dilaksanakan 5 gelombang dan semua peserta antusias dalam pelatihan yang dilaksanakan, sedangkan pada saat ini merupakan gelombang ke 6 yang diikuti oleh 40 peserta. Meskipun jumlah pendaftar membludak sejak dibuka pendaftaran tanggal 12 Mei 2019 sampai dengan 16 Mei 2019 tetapi demi efektifitas pelatihan maka peserta dibatasi 40 orang saja. Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 18 Mei 2019 dan 25 Mei 2019 bertempat di SMK PGRI Lumajang. Adapun materinya adalah :
1. Motivasi Pembelajaran Berbasis Web.
2. Membangun Web Pembelajaran.
3. Membangun Web Pembelajaran Berbayar.
4. Motivasi MPP.
5. Power Point Berbasis Virtual Basic.
6. Memaksimalkan Power Point ke Berbagai Media.
7. Tips & Trik MPP dan lomba.
         Materi pertama dalam pelatihan hari itu tentang Motivasi Pembelajaran Berbasis Web  yang disampaikan oleh Bapak Umar Thalib. Beliau menjelaskan panjang lebar bagaimana dan apa yang dapat kita peroleh jika kita memiliki Web. Banyak sekali manfaatnya jika memiliki Web antara lain :
1. Di dalamnya kita bisa mengupload materi pelajaran, tugas siswa, hasil karya siswa, kegiatan siswa, soal-soal online.
2. Wadah interaksi guru dengan wali murid secara online.
3. Menyimpan data-data yang penting
4. Membantu orang lain melalui tulisan.
5. Membuka mata dunia tentang daerah kita.
6. Mendapat banyak teman.
7. Menerbitkan buku.
Beliau menyampaikan juga bahwa jika Web kita banyak yang membuka karena tulisan-tulisan kita semakin diminati maka honor yang didapatkan akan semakin banyak masuk rekening. Dari motivasi yang disampaikan Bapak Umar Thalib membuat kami semakin antusias dalam membuat blog.
       Materi selanjutnya disampaikan oleh Bapak M. Subakri tentang Membuat Web Pembelajaran. Meskipun dengan langkah tertatih-tatih dalam mengoperasikan komputer mengikuti instruksi pemateri, kami tetap antusias untuk bisa membuat blog. Beruntung sekali pemateri sangat telaten dan sabar dalam membimbing kami membuat blog. Karena terlalu asyiknya belajar membuat blog, tidak terasa sudah waktunya istirahat sholat dhuhur.
       Pelatihan dilanjutkan setelah sholat dhuhur dengan materi tentang Membuat Web Pembelajaran Berbayar yang disampaikan oleh Bapak Enjang Bayu. Meskipun membuat Web yang gratis masih tertatih-tatih tetapi pemateri dan peserta tetap antusias berlatih bagaimana membuat Web yang kita miliki menjadi web yang berbayar.
        Akhirnya selesai sudah 3 materi hari ini dan sebelum pelatihan berakhir peserta melaksanakan pretest dulu yang seharusnya dilaksanakan di awal sebelum pemateri menyampaikan materinya. Setelah selesai mengerjakan, kamipun akhirnya meninggalkan ruang Multimedia SMK PGRI Lumajang dengan membawa ilmu-ilmu baru meskipun badan terasa letih dan lelah. Terima kasih kepada para pemateri yang sudah membagikan ilmunya kepada peserta pelatihan, semoga Allah membalas semua amal yang telah diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar