Rabu, 22 Mei 2019

Tugas 7 : Pembelajaran IPA Zaman Now


PEMBELAJARAN IPA ZAMAN NOW


            Belajar merupakan proses pencapaian kompetensi pengetahuan, sikap dan ketrampilan. IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis sehingga belajar IPA bukan hanya tentang kumpulan pengetahuan berupa fakta-fakta, konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.
            Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri lmiah untuk menumbuhkan kemampuan berfikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Karena itu pembelajaran IPA di sekolah sebaiknya ditekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaaan dan pengembangan ketrampilan proses dan sikap ilmiah.
            Kurikulum 2013 menganut pandangan dasar bahwa pengetahuan tidak dapat dipindahkan begitu saja dari guru ke peserta didik. Peserta didik adalah subjek yang memiliki kemampuan untuk mencari, mengolah, mengonstruksi dan menggunakan pengetahuan. Hal ini menyebabkan pembelajaran harus berkenaan dengan pemberian kesempatan kepada peserta didik untuk mengonstruksi pengetahuan dalam proses kognitifnya.  Guru memberikan kemudahan untuk proses tersebut dengan mengembangkan suasana belajar yang memberi kesempatan peserta didik untuk menemukan, menerapkan ide-ide mereka sendiri dan menggunakan strategi mereka sendiri untuk belajar. Dalam proses pembelajaran kurikulum 2013 harus dikembangkan juga kreativitas, kemandirian, kerja sama, solidaritas, kepemimpinan, empati, toleransi dan kecakapan hidup peserta didik guna membentuk watak.
            Ada 2 macam proses pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum 2013 yaitu pembelajaran langsung dan pembelajaran tidak langsung. Pembelajaran langsung adalah proses pendidikan dimana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berfikir dan ketrampilan psikomotorik melalui interaksi secara langsung dengan sumber belajar. Dalam pembelajaran langsung tersebut peserta didik melakukan kegiatan belajar, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau menganalisis dan mengomunikasikan apa yang sudah ditemukannya. Salah satu contoh pembelajaran langsung adalah memberi tugas peserta didik untuk mempelajari macam-macam perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan di sekitar mereka dan hasilnya direkam dalam bentuk video menggunakan Handphone yang sudah umum dimiliki oleh peserta didik.
            Tugas ini diberikan sebagai PR (Pekerjaan Rumah) yang menyenangkan dan produktif sebagai salah satu upaya untuk meluruskan pendapat selama ini kalau PR itu dianggap sangat membebani peserta didik. Adapun prinsip-prinsip yang bisa diterapkan dalam kegiatan  pembelajaran tersebut antara lain :
1. Berpusat pada peserta didik.
2. Mengembangkan kreativitas peserta didik.
3. Menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang.
4. Bermuatan nilai, etika, estetika, logika dan kinestetika.
5. Menyediakan pengalaman belajar yang menyenangkan, kontekstual, efektif, efisien dan bermakna.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar