Senin, 20 Mei 2019

Tugas 5 : Masak Sehat Untuk Kesehatan Jantung


MASAK SEHAT UNTUK KESEHATAN JANTUNG



            Sudahkah kita peduli, bahwa kebiasaan makan yang sehat sangat erat kaitannya dengan kesehatan jantung kita ? Data kesehatan telah mencatat bahwa penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Berkembangnya penyakit jantung berkaitan erat dengan pola konsumsi sehari-hari terutama lemak yang memungkinkan kadar kolesterol darah menjadi indikator utama penyebab serangan jantung.
            Lemak merupakan bahan makanan yang menjadi sumber tenaga dalam kehidupan sehari-hari. Bila dikonsumsi berlebihan, lemak memang dapat mengganggu pembuluh darah.Namun tidak semua jenis lemak berbahaya. Ada juga jenis lemak yang menguntungkan kesehatan.
            Menurut jenisnya, lemak terbagi atas asam lemak jenuh dan asam lemak tidak jenuh. Asam lemak jenuh dianggap sebagai lemak jahat yang harus dihindari dan umumnya terkandung dalam daging hewan. Ada 3 asam lemak tak jenuh yaitu Omega-3, Omega-6 dan Omega-9 yang dibutuhkan bagi kesehatan karena berperan penting dalam pencegahan penyakit jantung koroner.
Asam lemak banyak terkandung dalam minyak makan seperti asam lemak Omega-9 yang dikenal sebagai minyak zaitun dan minyak goreng kelapa sawit yang telah diproses khusus. Asam lemak Omega-9 berfungsi meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang berperan dalam membantu meningkatkan daya kekebalan tubuh dan menurunkan LDL (kolesterol jahat) penyebab penyempitan pembuluh darah.
            Oleh karena itu, untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dibutuhkan cara-cara mengolah yang sehat pula, antara lain lewat pemilihan minyak goreng yang tepat. Apalagi minyak goreng merupakan sumber utama asupan lemak sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar